Hutan Padang Guci Kaur Bengkulu Habitat Rafflesia Bengkuluensis

Selasa, 04 Maret 20140 komentar

Padang Guci merupakan nama sebuah daerah yang berada di wilayah bagian utara kota Bintuhan Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu Indonesia memiliki letak geografis yang sangat beraneka ragam. Karena letaknya tersebut daerah di Padang Guci terbagi menjadi enam bagian, yaitu: Daerah Hulu (Kecamatan Kaur Utara dan Kecamatan Padang Guci Hulu), Daerah Pantai (Kecamatan Tanjung Kemuning), Daerah Lembak (Kecamatan Padang Guci Hilir), Daerah Kelam ( Kecamatan Kelam Tengah).

Pada umumnya masyarakat Padang Guci sebagian besar bermata pencarian dengan bertani/berkebun sisanya dengan berwiraswasta dan bekerja sebagai pegawai Pemerintahan.

Terbilang ada 4 kali bunga Rafflesia jenis Bengkuluensis ditemukan di kawasan hutan Padang Guci Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu : (1) Desa Talang Tais Kec. Kelam Tengah Kab. Kaur (tahun 2005) Jenis ini membawa nama Bengkulu untuk menghormati Bengkulu sebagai lokasi pertama kali jenis ini dideskripsikan. Jenis Rafflesia Bengkulunensis ditemukan dan diidentifikasi oleh Agus Susatya, Arianto dan Mat-salleh tahun 2005. Ini merupakan jenis baru dari Indonesia dengan diameter 50-55 cm. Jenis ini lama dianggap sebagai Rafflesia Arnoldi dari Talang Tais, Kabupaten Kaur, (2) Kawasan Hutan Desa Manau Sembilan Padang Guci Hulu tahun 2012, (3) Kawasan hutan desa Air Kering Padang Guci Hilir (tahun 2012), (4) dan terakhir pada bulan Januari 2014 ditemukan di kawasan hutan sungai Penangkulan Desa Manau Sembilan Kec. Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur. Jenis ini dibenarkan oleh Agus Susatya bahwa Rafflesia yang berada di kawasan Hutan Sungai Penangkulan Desa Manau Sembilan Padang Guci Hulu Kaur adalah Bunga Rafflesia jenis Bengkuluensis berdasarkan foto Ramenta yang diperlihatkan Sofian Ramadhan (KPPL) bersama Tim Balitbang Provinsi Bengkulu setelah melakukan kunjungan langsung ke lokasi. Selasa, 25 Februari 2014.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kawasan hutan Padang Guci Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu adalah habitat Rafflesia jenis Bengkuluensis yang perlu dilestarikan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Follow Us : Facebook | Twitter | G +
Copyright © 2012. Padangguci Onstar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Template Edited by Nopri Anto
Proudly powered by Blogger