PESONA BUDAYA PADANG GUCI : KUNTAW

Sabtu, 26 November 20111komentar

Budaya atau Kebudayaan Indonesia adalah keseluruhan budaya yang ada di tanah air yang terdiri dari beragam suku dan bangsa.

Kebudayaan Indonesia walau beraneka ragam, namun pada dasarnya terbentuk dan dipengaruhi oleh kebudayaan besar lainnya seperti kebudayaan Tionghoa, kebudayaan India dan kebudayaan Arab. Kebudayaan India terutama masuk dari penyebaran
agama Hindu dan Buddha di Nusantara jauh sebelum Indonesia terbentuk. Kebudayaan Tionghoa masuk dan mempengaruhi kebudayaan Indonesia karena interaksi perdagangan yang intensif antara pedagang-pedagang Tionghoa dan Nusantara (Sriwijaya). Kebudayaan Arab masuk bersama penyebaran agama Islam oleh pedagang-pedagang Arab yang singgah di Nusantara dalam perjalanan mereka menuju Tiongkok.

Bagi masyarakat Padang Guci "KUNTAW" merupakan warisan tradisi nenek moyang yang berdasarkan kepercayaan asli mereka.  Tradisi Kuntaw ini diselenggarakan oleh masyarakat Padang Guci pada upacara adat perkawinan, menyambut tamu kehormatan ataupun acara - acara adat lainnya. Alat musik yang dipergunakan untuk mengiringi kuntaw ini ialah "Rabana" (musik tradisional). Walaupun kelihatannya sangat sederhana namun mengandung banyak makna bagi mereka.

Picture by Apriansa
Picture by Apriansa
Sampai saat ini, tradisi kuntaw masih sering kali diselenggarakan oleh masyarakat Padang Guci, khususnya pada acara perkawinan untuk menyambut pengantin yang hendak menduduki singgasananya kemudian dilanjutkan dengan acara-acara adat lainnya beserta hiburan musik. Meskipun demikian hal itu tidak menyebabkan bergesernya nilai-nilai budaya yang berdasarkan tradisi lama.(Noprianto)

Sumber PUSTAKA
www.tamanmini.com

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

27 Februari 2012 pukul 01.00

Mari Bergabung bersama masyarakat padang guci di http://www.facebook.com/groups/padangguciasli/

Posting Komentar

 
Follow Us : Facebook | Twitter | G +
Copyright © 2012. Padangguci Onstar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Template Edited by Nopri Anto
Proudly powered by Blogger